lampu neon

Jumat, 10 Desember 2010

Psikologi kita


Kecerdasan pribadi


Pembahasan mengenai kecerdasan sudah banyak di lakukan oleh para ilmuwan,bik ahli kejiwaan,pengembang kepribadian,maupun ilmuwan lainnya. Namun begitu, konsep mengenai kecerdasan merupakan hal yang tidak sederhana dan memilikin standar khusus.kalau masa sebelumnya kecerdasan lebih dikaitkan dengan kemampuan intelektual (IQ) namun sekarang seiring perkembangan pengetahuan khususnya penelitian mengenai psikologi yang terkait dengan hal tersebut.
Perkembangan mengenai konsep kecerdasan sekarang meliputi banyak hal dan lebih komperehensif diantaranya dunia psikologi memasukan konsep spiritual (SQ) dan emosional (EQ) dalam komponen kecerdasaan yang sekarang di kenal dengan sebutan kecerdasan pribadi.



Kecerdasan pribadi adalah suatu kecerdasan yang di miliki manusia berkaitan dengan bagaimana seorang individu menghadapi dan menyelesaikan setiap hal atau problemmengenai dirinya sendiri. Kecerdasan pribadi terdiri dari :

1. Kecerdasan Intelektual (IQ).

Kecerdasan Intelektual (IQ) terletak pada kemampuan logis dan rasiuonal manusia, di antaranya adalah kecerdasan logika matematik,kecerdasan spasial,kecerdasan financial, dan lain-lain.Kecerdasan Intelektual merupakan kecerdasan logika yang dapat di ukur denganmetode pengukuran ilmiah tertentu.

Sebagian besar pemikiran yang di gunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam budaya masyarakat kita adalah jenis pemikiran yang bersifat intelektual (IQ). Keunggulannya adalah bahwa kecerdasan ini akurat,tepat dan dapat di percaya :jika X,maka Y,atau 4+4=8,namun kecerdasan ini masih bekerja dalam batas-batas yang telah di tentukan,sehingga masih memerlukan dukungan dari kecerdasan lainnya.

2. Kecerdasan Emosional (EQ).

Kecerdasan emosional (EQ) menurut Daniel Golemen adalah kemampuan untuk memotivasi diri, menyemangati diri sendiri,bertahan menghadapi frustasi,mengatur suasana hati,menjaga agar stress tidak membebani pikiran dan kejernihan hati,berempati,dan berdoa.menururut riset factor kecerdasan inilah yang mempengaruhi tingkat keberhasilan seseorang dalam kehidupan

3. Kecerdasan Spiritual(SQ).

Kecerdasan Spritual menurut Marsha Swetar adalah kemampuan untuk menghidupkan kebenaran yang paling dalam,yang berarti menghidupkan hal-hal yang terbaik,utuh,da paling manusiawi di dalam batin. Gagasan,energi,nilai,,visi,dorongan,,dan arah panggilan hidup mengalir dari dalam,dari suatu kesadaran hidup bersam cinta. Kecerdasan spiritual di bangun dengan membersihkan hati nurani menjadi cemerlang sehingga mampu membedakan yang benar dan yang salah,yang baik dan yang buruk,yang bermanfaat dan bermudharat.

4. Kecerdasan Fisikal/kinestikal (PQ).

Kecerdasan fisikal atau oleh Howard Gardner di sebut dengan kecerdasan kinestikal adalah kemampuan seseorang uyntuk menggerakkan tubuh atau hal-hal lain yang berkaitan dengan aktivitas fisik. Kecerdasan ini tidak hany di miliki oleh para atlit namun juga pada orang-orang yang menyadari pentingnya kesehatan fisik untuk keseimbangan aktifitas dalam kehidupannya.



Fsikologi kita Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/social-sciences/1853078-fsikologi-kita/

2 komentar:

  1. baguss....

    EQ yg lagi populer saat ini mah

    BalasHapus
  2. Rytters-violet mengatakan...

    baguss....

    EQ yg lagi populer saat ini mah
    re: yupzz... IQ tanpa ditunjang EQ yg memadai akan menjadikannya loast control..
    thx...

    BalasHapus